Kamis, 29 Desember 2016

Wajib Tahu! Ternyata Inilah Hikmah Di Balik Larangan Makan Dan Minum Sambil Berdiri, Dampaknya Bagi Kesehatan Ternyata…

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini Islam adalah agama yang sempurna, sehingga mengenai masalah makan dan minum pun telah diatur tata caranya dalam agama islam yang mana tentu memberikan manfaat yang luar biasa.



Sekecil dan seremeh apapun sesuatu menurut anggapan kita tidak akan terlepas dari sorotan Islam sehingga agama Islam memberikan petunjuk dan jalan kebaikan di dalamnya. Seperti halnya minum, Islam mengajarkan bagaimana tata cara minum.

Ilmu kedokteran modern mengungkapkan bahwa minum dalam keadaan berdiri menyebabkan air yang mengalir berjatuhan dengan keras pada dasar lambung dan menumbuknya, menjadikan lambung kendor dan menjadikan pencernaan sulit. Jika terus-menerus makan dan minum sambil berdiri dapat menimbulkan luka pada dinding lambung. Penemuan ini menjelaskan kepada manusia bahaya yang telah diperingatkan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut ini.

Dari Anas Ra. dari Nabi SAW : “Sesungguhnya Nabi SAW melarang seseorang untuk minum berdiri”. Qatadah (seorang tabi’in) berkata : “Kami bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan sambil berdiri?’ Anas menjawab, ‘Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.” (HR. Muslim).

Di samping itu, menurut Ibnul Qoyyim ada beberapa Afat (akibat buruk) jika seseorang minum sambil berdiri. Jika minum sambil berdiri, maka air yang masuk kedalam tubuh akan cepat turun ke organ tubuh bagian bawah. Hal ini disebabkan air yang dikonsumsi tidak tertampung di dalam maiddah (lambung). Maka Dengan demikian air tidak akan menyebar ke organ-organ tubuh yg lain. Padahal menurut ilmu kedokteran 70% dari tubuh manusia terdiri dari zat cair.

Sebagian besar darah terdiri dari air dimana terdapat larutan bahan-bahan selain sel-sel darah. Akibatnya bilamana pembuangan air dari dalam tubuh lebih besar daripada pemasukannya, terjadilah dehidrasi yakni kekurangan zat cair dalam tubuh.

Begitu juga kadar air dalam jaringan tubuh diatur dengan tepat. Apabila terdapat selisih 10% saja maka gejala-gejala serius akan timbul. Jika selisih ini mencapai 20% maka orangnya akan mati.

Oleh karena itu, dianjurkan memuntahkan air jika anda terlanjur minum sambil berdiri.

Para ahli hikmah juga memberi jalan keluar jika terpaksa minum sambil berdiri yakni menggerak-gerakan dua ibu jari kaki insya Allah akan dapat menolak efek-efek negatif seperti yang telah disebutkan di atas.

Sahabat medianda terkini itulah penjelasan mengenai mengapa makan dan minum sambil berdiri sangat tidak dianjurkan dan berakibat buruk. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi semua.



Sumber: voa-moeslim.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+