Sabtu, 01 Agustus 2020

3 Doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang Dipanjatkan di Pagi Hari

Medianda - Rasulullah SAW seorang teladan dalam berdoa. Ada tiga doa Rasul 3 Doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang Dipanjatkan di Pagi Hari selalu dipanjatkan di waktu pagi setelah sholat Subuh.



أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم كان إذا أصبَح قال: اللَّهمَّ إنِّي أسأَلُكَ عِلمًا نافعًا، ورِزْقًا طيِّبًا، وعمَلًا مُتقَبَّلًا

“Allahumma innii asaluka ‘ilman naafi’a, wa rizqan thayyibaa, wa ‘amalan mutaqabbalaa” (Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima). (HR Ibnu Majah dan Ahmad).

Dalam doa yang dipanjatkan, ada tiga permintaan yang dipinta selepas Subuh. Ketiga permohonan itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Pertama, Ilmu Manfaat (ilman naafi’a).
Ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain adalah perkara yang harus diutamakan. Ilmu yang bermanfaat akan membuat manusia menuju kesuksesan di dunia dan masuk surga kelak di akhirat.

Ditukilkan Abu Hurairah RA Nabi SAW bersabda:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim).

Berkaitan ilmu bermanfaat, Nabi SAW bersabda:

عن عبدالله بن عمرو بن العاص أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتعوذ من أربع، وكان يقول: (اللهم إني أعوذ بك من قلبٍ لا يخشع، ونداء لا يسمع، ومن نفس لا تشبع، ومن علم لا ينفع

Dari Abdullah bin Al-Ash, bahwa Rasulullah SAW berlindung dari empat perkara yaitu: “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak terkabul, nafsu yang tidak puas, dan ilmu yang tak bermanfaat.”

Kedua, Rezeki Baik (rizqan thayyibaa).
Sebab ilmu, seseorang dapat memilih antara rezeki halal dan yang haram.

إنَّ الحَلالَ بَيِّنٌ وإنَّ الحَرَامَ بَيِّنٌ

“Sesungguhnya yang halal sudah jelas dan yang haram pun sudah jelas pula.” (HR Bukhari dan Muslim).

Al-quran menyuruh manusia agar mengonsumsi rezeki yang baik-baik dna halal.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allâh, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu beribadah.” (QS al-Baqarah [2]: 172).

Ketiga, Amal yang Diterima (amalan mutaqabbalaa),
Doa Nabi di Pagi hari adalah amalannya agar diterima di sisi Allah. Syarat ibadah  diterima adalah ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Nabi SAW.

Dalam hal ini, Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ


“Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (QS al-Kahfi [18]: 110).

Demikianlah, semoga kita selalu istiqomah mengamalkannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang Dipanjatkan di Pagi Hari