Minggu, 29 November 2020

Awas, Bermain HP di Toilet Bisa Berakibat Harus Dioperasi, Ini Alasannya


 Nyatanya kebiasaan ini tak bisa dianggap sepele 

Pasalnya bermain HP di toilet bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Utamanya bisa berdampak pada sistem pencernaan manusia. Berikut penyakit yang bisa muncul karena bermain HP di toilet. 

Salah satu kebiasaan di kamar mandi yang cukup sering dilakukan orang-orang adalah membawa HP saat di toilet. 

Namun kini, kamu perlu memikirkan ulang untuk merubah kebiasaan tersebut karena ternyata menimbulkan dampak negatif. 

Baru-baru ini ada pengalaman buruk karena kebiasaan membawa HP ke toilet duduk. Kasus ini tentu menjadi peringatan bagi orang yang gemar membawa HP atau smartphone saat sedang di toilet duduk.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa hal tersebut bisa memunculkan penyakit dan perlu diberikan tindakan operasi. 

Main HP di Toilet Bisa Berakibat Tindakan Operasi

Kasus ini diungkap oleh seorang doktor ahli gastronetrologi asal Sydney, Australia, bernama Profesor Chris Berney. Setahun yang lalu, dia melakukan operasi pada perempuan berusia 23 tahun yang membutuhkan operasi darurat karena penyakit wasir. 

Dikutip dari News.com.au, dokter harus mengoperasi penyakit wasir di perempuan tersebut karena disebabkan ukuran ambeien yang sangat besar. 

Dokter tersebut menyebut kondisi wasir yang dialami wanita tersebut paling besar di antara 15 pasien berusia muda selama 18 bulan dengan kasus yang sama.

Kemudian, sang dokter bertanya berapa lama waktu yang dihabiskan saat di toilet?

Tak disangka, pasien menjawab bahwa dia bisa bertahan hingga 20 sampai 30 menit di toilet. Lalu terbongkar bahwa penyebabnya adalah mereka asyik bermain HP dalam posisi masih di toilet duduk. 

Bisa Sebabkan Ambeien 

Lantas, apa hubungannya bermain HP di toilet dengan wasir?

Berdasarkan penjelasan yang lebih ilmiah, mereka yang bermain HP saat di toilet duduk dalam waktu lama ternyata menyebabkan peningkatan tekanan pada bawah perut. Hal ini bisa menimbulkan efek sembelit seperti yang dialami ibu hamil. 

Kondisi tersebut berakibat pada oto sphincter yang berada di anus berkurang dan menyebabkan pembekuan darah. Alhasil akan menyebabkan timbulnya benjolan yang dikenal sebagai ambeien. 

Menilik hasil penelitian tersebut, Profesor Chris Berney akhirnya merilis laporan ini dalam jurnal kesehatan Australia New Zealand Surgery.

Sementara itu, riset lebih mendalam di Amerika Serikat menemukan bahwa 9 dari 10 orang membawa HP mereka saat berada di toilet. 

Menariknya di kalangan Gen Z atau yang lahir di periode tahun 1995-2010 diketahui 96 persen mengaku tidak akan ke toilet jika tidak membawa HP.

Apakah kamu juga sering melakukan kebiasaan ini? 

Nah jika iya, coba mulai sekarang merubah kebiasaan main HP di toilet ya, supaya tidak alami wasir. Selain itu juga tidak membuang waktu  terlalu lama selama di toilet.


sumber : wajibbaca.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Awas, Bermain HP di Toilet Bisa Berakibat Harus Dioperasi, Ini Alasannya