Minggu, 22 November 2020

Pilu, Wanita ini Curhat Tidak Haid Selama 10 Bulan, Ternyata ini Penyebabnya


 

Wanita ini kisahkan pengalaman pahitnya

Sejak SMP selalu hamil tidak teratur, bisa 2,3,4,5, atau 6 bulan sekali. Kali terakhir, ia baru haid setelah 10 bulan tidak haid. Kemudian setelah memeriksakan diri ke dokter kandungan, ternyata ini penyebab dirinya tidak haid.

Normalnya, setiap wanita dewasa akan mengalami haid teratur satu bulan sekali. Dan per periode mengalami menstruasi sekitar 3-7 hari. 

Namun ternyata nggak semua wanita lho yang mendapatkan masa menstruasi yang rutin setiap bulan. Siklus haid yang nggak teratur ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. 

Haid yang tak teratur sendiri seringkali disebabkan oleh pikiran stres, pola hidup nggak sehat, penggunaan pil KB, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Siklus haid yang tidak teratur biasanya masih terhitung normal jika terjadi selang 45 hari. 

Namun berbeda halnya dengan yang dirasakan salah satu pengguna TikTok dengan akun @ria.wnp. 

Pemilik akun ini membagikan kisahnya melalui video TikTok bahwa dia sudah mengalami kejadian aneh, yakni tidak haid selama 10 bulan penuh. 

Sungguh sangat tidak wajar rasanya bila seorang wanita nggak bisa merasakan haid hingga 10 bulan, karena rentang waktu tersebut sangatlah lama. 

Keanehan ini membuat sang pemilik akun @ria.wnp jadi penasaran dan ingin segera memeriksakan diri ke rumah sakit. 

Momen pemeriksaan itu jadi sangat menegangkan bagi sang pemilik akun sebab memang mulai sejak SMP siklus haidnya tidak teratur. Namun belum pernah sampai selama ini, yakni 10 bulan penuh. 

Hasil pemeriksaan dari tim tenaga kesehatan yang dikunjungi, ternyata sang pemilik akun @ria.wnp mengidap penyakit Polycystic ovary syndrome (PCOS). 

PCOS adalah sindrom atau kumpulan gejala menyerang indung telur yang membantu proses pelepasan sel telur, sehingga menyebabkan menstruasi tidak teratur. 

"Dan setelah diperiksa dokter, ternyata aku kena PCOS :') JUJUR AKU LEMES BGT SAAT ITU tapi aku yakin aku bisa laluin ini semua. Untuk semua wanita yg mungkin merasakan hal sama seperti aku, menstruasi tidak teratur, bisa cepet ke dokter spog yah," tulis @ria.wnp di akhir videonya, pada Kamis (19/11).

Gejala yang muncul pada penderita PCOS ini bervariasi. Namun yang paling umum adalah tidak teraturnya siklus haid, sehingga seringkali terlambat. 

Penyebabnya sendiri adalah genetik, kadar hormon laki-laki yang terlalu besar, dan juga peradangan di sistem reproduksi.

Video ini tentu menarik perhatian warganet, khususnya wanita yang menganggap kejadian ini tidak biasa. Selain itu banyak warganet yang ingin tahu tentang penyebab penyakit tersebut. 

Alhasil banyak juga tanggapan para warganet TikTok yang memberikan berbagai komentar. Mulai dari dukungan dan juga berbagai curhatan wanita yang memiliki kondisi serupa. 

"Semangat kak," tulis akun @Bacool

"kakak harus selalu semangat," tulis akun Ayam Baytutu.

"Kenapa banyak bgt ya ternyata yg kena PCOS, akupun takut soalny galancar jg," tulis akun @Linda Widyastuti.

Tak hanya bagikan curhatannya, wanita ini juga beri semangat dan dukungan kepada wanita yang juga mengalami PCOS. Ia juga memberikan berbagai saran untuk merubah pola hidup jadi lebih sehat dan seimbang untuk mengatasi penyakit ini. 


sumber : wajibbaca.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pilu, Wanita ini Curhat Tidak Haid Selama 10 Bulan, Ternyata ini Penyebabnya