Minggu, 17 Desember 2017

Orang Mati Sampai Minta Dihidupkan Lagi Demi Bisa Lakukan 4 Amalan Ini

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini semua makhluk hidup khususnya manusia tentu kelak akan menemui yang namanya kematian. Akan datang suatu masa dimana kita akan merindukan saat-saat ini, saat-saat dimana orang yang telah menemui ajalnya merindukan nafasnya kembali, berharap jantungnya berdetak lagi, berharap nadinya berdenyut lagi. Karena kelak hampir semuanya meminta dan berangan-angan kembali lagi ke dunia.



Kita yang masih di dunia, maka mari kita manfaatkan sebaik-baiknya dunia sebagai ladang akhirat (terutama diri kami pribadi), karena kelak hampir semuanya meminta dan berangan-angan kembali lagi ke dunia.

Sungguh sangatlah banyak ayat al Qur an yang menjelaskan tentang orang orang yang menyesal setelah meninggal. Mereka yang menyesal itu minta dikembalikan ke dunia. Kenapa? Yaitu karena setelah meninggal baru mereka yakin bahwa apa yang mereka lalaikan dahulu di dunia sangatlah buruk akibatnya. Untuk apa minta dikebalikan ke dunia? Yaitu untuk menebus kelalaian mereka dahulu dalam beramal.

“Hingga apabila telah datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan.” (QS. Al Mukminun: 99-100)

“Yaa Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (kedunia) niscaya kami akan mengerjakan amal shalih. Sungguh kami adalah orang orang yang yakin.”  (QS. As Sajdah: 12)

Sahabat medianda terkini diantara amalan yang diinginkan orang orang yang telah meninggal dan menyesal tersebut, dijelaskan Allah dan Rasul-Nya sebagai berikut :

1. Agar Bisa Bersedekah.

Orang orang yang telah meninggal berharap kematiannya ditangguhkan walau sesaat, karena ingin membelanjakan  harta yang dia tinggalkan di dunia untuk disedekahkan. Padahal waktu masih berada di dunia dia tidaklah termasuk orang yang suka bersedekah.

Allah menjelaskan tentang angan angan  mereka itu sebagaimana firman-Nya : “Maka dia berkata (menyesali) Ya Rabbku sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi maka aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang orang yang shalih.”   (QS al Munafiqun : 10)

Setelah meninggal, mereka baru yakin bahwa sedekah akan memadamkan murka Allah.  Rasulullah bersabda: “Sedekah secara diam diam akan memadamkan murka Allah”  (HR. ath Thabrani)

Dan mereka baru yakin dan paham makna  firman Allah dalam surat al Baqarah ayat 261 : “Perumpamaan orang orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setip tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Mahaluas, Maha mengetahui.”

Kenapa dia tidak mengatakan,
“Maka aku dapat melaksanakan umroh” atau
“Maka aku dapat melakukan sholat atau puasa” dll?

Berkata para ulama, Tidaklah seorang mayit menyebutkan “sedekah” kecuali karena dia melihat besarnya pahala dan imbas baiknya setelah dia meninggal. Apalagi harta yang disedekahkan di jalan Allah akan dinilai sebagai pahala jariyah yang akan terus mengalir walaupun sudah mati. Dan orang yang mati akan bisa melihat pahala yang ia peroleh dari sedekah jariyahnya. Sehingga ia menyesal kenapa dulu ia sangat sedikit sekali bersedekah jariyah sehingga pahala yang diperolehnya pun sedikit.

Dan, bersedekah-lah atas nama orang-orang yang sudah meninggal diantara kalian, karena sesungguhnya mereka sangat berharap kembali ke dunia untuk bisa bersedekah dan beramal shalih, maka wujudkanlah harapan mereka.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwasanya ada seseorang mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian dia mengatakan,

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Ibuku tiba-tiba saja meninggal dunia dan tidak sempat menyampaikan wasiat padaku. Seandainya dia ingin menyampaikan wasiat, pasti dia akan mewasiatkan agar bersedekah untuknya. Apakah Ibuku akan mendapat pahala jika aku bersedekah untuknya? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya”. (HR. Bukhari & Muslim)

2. Agar Bisa Shalat Dua Rakaat.

Sahabat medianda terkini orang orang yang melalaikan shalat dan membawa dosa kealam kuburnya maka dia berangan angan agar bisa kembali kedunia untuk  melaksanakan shalat meskipun hanya dua rakaat.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah pernah melalui sebuah kuburan dan bertanya : Kuburan siapa ini ? Kata para sahabat : Ini kuburan si Fulan, maka beliau bersabda : “Shalat dua rakaat lebih ia sukai dari apa yang tersisa dari dunia kalian.”  (H.R ath Thabrani)

Dalam riwayat lain disebutkan : “Dua rakaat ringan yang kalian remehkan dan kalian anggap sunnah, yang dapat menambah amal orang ini, lebih dia cintai dari apa yang tersisa dari dunia kalian.”  (H.R Ibnul Mubarak, dishahihkan Syaikh al Albani)

Sungguh penghuni kubur itu telah menyaksikan dalam kuburnya betapa besar pahala yang Allah sediakan bagi mereka yang melakukan shalat. Rasulullah bersabda : “Shalat adalah ibadah terbaik yang diperintahkan. Maka barangsiapa mampu memperbanyak shalat hendaklah ia memperbanyaknya.”   (HR. ath Thabrani)

3. Orang yang Mati Syahid di Jalan Allah

Dari Anas bin Malik radliallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: “Tidak seorangpun yang masuk surga namun dia suka untuk kembali ke dunia padahal dia hanya mempunyai sedikit harta di bumi, kecuali orang yang mati syahid. Dia berangan-angan untuk kembali ke dunia kemudian berperang lalu terbunuh hingga sepuluh kali karena dia melihat keistimewaan karamah (mati syahid).”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Orang yg mati syahid mendapatkan enam hal di sisi Allah: Diampuni dosa-dosanya sejak pertama kali darahnya mengalir, diperlihatkan kedudukannya di surga, diselamatkan dari siksa kubur, dibebaskan dari ketakutan yg besar, dihiasi dgn perhiasan iman, dikawinkan dgn bidadari & dapat memberikan syafaat kepada tujuh puluh orang kerabatnya.” (HR. Ibnu Majah)

Salah satu sebab orang yang mati syahid ingin kembali ke dunia supaya mati syahid lagi adalah karena ia tidak merasakan sakit saat nyawanya dicabut. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah, “Orang yang mati syahid itu tidak merasakan (kesakitan) pembunuhan kecuali sebagaimana seorang diantara kalian merasakan (sakitnya) cubitan.” (HR. Ahmad)

4. Agar Bisa Lebih Banyak Beramal Shalih

Sahabat medianda terkini mereka meminta agar dikembalikan ke dunia supaya bisa melakukan amal shaleh. Amal shaleh, cakupannya sangat luas, seperti mengerjakan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan lainnya. Juga mengurangi perbuatan maksiat yang hanya menumpuk dosa di akhirat.

Permintaan mereka itu sebagaimana Firman Allah Azza wa Jalla di atas (as-Sajdah/32:12), dan ayat-ayat yang lainnya, seperti firman Allah :

وَأَنْذِرِ النَّاسَ يَوْمَ يَأْتِيهِمُ الْعَذَابُ فَيَقُولُ الَّذِينَ ظَلَمُوا رَبَّنَا أَخِّرْنَا إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ نُجِبْ دَعْوَتَكَ وَنَتَّبِعِ الرُّسُلَ

Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) adzab datang kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zhalim, “Ya Rabb kami, kembalikanlah kami meskipun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan-Mu dan mengikuti rasul-rasul”. (QS. Ibrahim: 44)

Dalam ayat yang lain, Allah Azza wa Jalla juga berfirman; Dan mereka berteriak didalam neraka itu, “Ya Rabb kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan melakukan amal saleh berbeda dengan yang telah kami kerjakan” (QS. Fathir: 37)

Dan masih banyak ayat yang lainnya yang menunjukkan permintaan mereka untuk dikembalikan ke dunia agar mereka bisa beramal shaleh.  Jadi intinya adalah bahwa puncak angan angan orang orang yang berdosa adalah berharap umurnya diperpanjang agar ia bisa menambah amal baiknya dan mengejar apa yang telah dia lalaikan dahulu waktu masih berada di dunia.


Nah sahabat medianda terkini inilah sebagian penyesalan manusia  di alam kubur. Lalu bagaimana dengan kita yang belum sampai kealam kubur dan masih berada di dunia. Tentu sangatlah baik jika kita tidak lalai terhadap amal amal yang telah disyariat agar tidak  rugi dan menyesal nanti. Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Orang Mati Sampai Minta Dihidupkan Lagi Demi Bisa Lakukan 4 Amalan Ini