Senin, 27 Februari 2017

Kenapa Kita Perlu Menutup Cermin Di Rumah Bila Ada Mayat Dalam Rumah?

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini Mungkin adat atau ritual ini pernah terjadi dilingkungan sekitar anda, berbunyi sedikit pelik, ada jenazah cermin juga ditutup. Tutup cermin-cermin muka dengan kain apabila jenazah ada di dalam rumah nyaris jadi kebiasaan orang-orang kita.



Muncul juga tanda tanya kenapa amalan tutup cermin ini dikerjakan apabila ada jenazah di dalam rumah, tetapi memandangkan kondisi yang tidak sesuai, masalah ini senantiasa disimpan dan pada akhirnya dilupakan demikian saja.

Namun, jika melihatkan amalan menutup cermin dengan kain ini nyaris jadi kemestian, masalah ini butuh mendapat penerangan yang pasti.

Apa hukumnya dalam Islam perbuatan tutup cermin muka saat ada jenazah didalam rumah. Tersebut adalah maklumat yang perolehi dari satu laman soal jawab agama.

Wallahu’alam bissawab

Assalamualaikum ustadz,


Ada tuan rumah yang cover cermin-cermin muka dirumah dengan kain semasa ada jenazah. Saya tak ajukan pertanyaan kenapa. Harap ustaz terangkan hukum mengerjakannya.

Terima kasih.

Ini jawaban : ......!!!

Bismillahi wal hamdulillah,

Kami tidak menjumpai saranan dari Rasulullah saw agar tutup cermin-cermin muka saat terdapatnya jenazah dalam rumah itu.

Apa yang kami jumpai adalah ianya adalah amalan orang tua-tua dulu yang berasumsi bahwa, cermin cuma dipakai oleh Si Mayat saat hidupnya saja.

Apabila sudah mati, cermin itu tidak berguna lagi karena mengikut Keyakinan Kuno Orang-orang Hindu, roh atau hantu tidak bisa lihat hanya dalam cermin.

Jadi untuk menjaga hati dan perasaan dan untuk menghormati roh itu, setiap cermin muka di rumah simati itu perlulah ditutup.

Perbuatan tersebut berdasar syarak adalah dilarang sebab merupakan perbuatan yang tidak dilakukan oleh Rasulullah saw dan dikira sebagai satu perbuatan khurafat yang menyalahi syarak.

Semoga bermanfaat.



Sumber : wajibbaca. com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenapa Kita Perlu Menutup Cermin Di Rumah Bila Ada Mayat Dalam Rumah?