Senin, 06 April 2020

Pemerintah RI: Mulai Hari Ini Semua Harus Menggunakan Masker, Ini Manfaatnya Pakai Masker

Medianda - Mengikuti rekomendasi organisasi kesehatan dunia WHO, Pemerintah Indonesia menganjurkan penggunaan masker meski tidak sedang sakit. Masker kain lebih disarankan.



“Mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto, Minggu (5/4/2020).

Yuri mengingatkan, masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga medis. Untuk sehari-hari, lebih disarankan pakai masker kain.

Saran ini terkait dengan adanya beberapa kasus infeksi virus corona COVID-19 tanpa gejala yang juga menjadi sumber penyebaran penyakit. Karenanya, dianjurkan untuk semua pakai masker saat keluar rumah.

Berikut manfaat masker penutup mulut dan hidung saat berkegiatan outdoor mencegah polusi udara yang buruk bagi kesehatan Anda menurut Dr dr Agus Susanto, Sp P (K), Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada acara Talk Show 3M Nexcare Masker dengan Filter Unggulan untuk Perlindungan Maksimal Setiap Saat, Senin (5/8/2019):

1. Mencegah infeksi menular

Bagi orang yang sedang mengidap penyakit pernapasan, memakai masker adalah hal yang sangat wajib. Misalnya, ketika Anda menderita influenza atau bahkan batuk, orang di sekitar Anda dapat tertular melalui udara.

Atau sebaliknya, menggunakan masker di luar saat berada di tempat umum yang rentan polusi untuk mencegah tersebarnya flu atau batuk dan lain-lain dari luar.

2. Menjaga paru-paru dari polusi saat berkendara

Jakarta menjadi kota yang padat, dan polusi udara sudah tersebar di mana saja, apalagi bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Nah, dengan menggunakai masker mulut saat bepergian ataupun berkendara, mencegah udara kotor masuk ke dalam pernapasan.

Masker bisa menyaring udara yang kotor tersebut sebelum terhirup oleh hidung Anda. Apabila Anda sering beraktivitas di luar dengan kendaraan bermotor, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan masker anti polusi agar paru Anda setidaknya lebih sehat dibandingkan orang yang tidak menggunakan masker. Nah, ini beberapa dampak jika Anda terlalu sering menghirup polusi udara.

3. Iritasi pada jaringan rongga hidung

Sering terpapar polusi udara juga bisa menyebabkan iritasi pada jaringan hidung dan bisa menyebabkan asma, penyakit serangan jantung, stroke, penyakit kardiovaskular dan lainnya.

4. Menghalangi sinar matahari

Tahukah Anda selain mengurangi peluang terpaparnya polusi, manfaat menggunakan masker juga bisa mencegah wajah terpapar sinar matahari saat berkendara.

Terdapat banyak efek yang dapat Anda dapatkan jika terlalu sering terkena sinar matahari. Misalnya kulit kemerahan, dehidrasi, kulit kering, dan timbul rasa gatal pada wajah.

"Jadi penting untuk melindungi mulut dan hidup untuk menghindari polusi udara di Jakarta yang semakin memburuk. Selain ini penting juga memperhatikan pemakainnya jangan lebih dari 8 jam, dan jangan dicuci alias harus langsung buang untuk masker mulut daily," jelasnya.

Bagi yang menggunakan masker kain, disarankan untuk tidak memakainya lebih dari 4 jam. Setelah itu, masker kain bisa dicuci dengan direndam air sabun.

Demikianlah, semoga bermanfaat.


Sumber: detik.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pemerintah RI: Mulai Hari Ini Semua Harus Menggunakan Masker, Ini Manfaatnya Pakai Masker