Selasa, 17 Januari 2017

SUBHANALLAH!! ISTRI YANG MEMILIKI AKHLAK SEPERTI INI, LAYAK DIBERI GELAR SEBAGAI ISTRI IDAMAN...

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini Tentu semua wanita ketika menikah atau menjelang menikah mendambakan agar menjadi istri dambaan. Namun tahukah anda bahwa seseorang istri dambaan mesti tahu makna intinya aqidah islamiyah yang shahihah, lantaran sah tidaknya satu amal tergantung pada benar atau tidaknya aqidah seseorang. Istri dambaan yaitu sosok yang senantiasa semangat dalam menuntut pengetahuan agama sampai dia dapat tahu beberapa pengetahuan syar’i baik yang berkaitan dengan aqidah, akhlak maupun dalam hal muamalah seperti semangatnya sebagian shahabiyah dalam menuntut pengetahuan agama Islam, mereka ajukan pertanyaan pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk singkirkan kebodohan mereka serta melaksanakan ibadah pada Allah di atas sinar pengetahuan.



Seperti cerita berikut ini :

Dari Abu Said Al Khudri dia berkata : Pernah satu kali sebagian wanita berkata pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Kaum lelaki telah mengalahkan kami, jadi jadikanlah satu hari untuk kami, Nabi juga menjanjikan satu hari dapat berjumpa dengan mereka, lantas Nabi berikan anjuran serta perintah pada mereka. Satu diantara perkataan beliau pada mereka yakni : “Tidaklah seseorang wanita di antara kalian yang ditinggal mati tiga anaknya, terkecuali mereka sebagai penghambat baginya dari api nereka. Seseorang wanita ajukan pertanyaan : “Bagaimana apabila cuma dua? ” Beliau menjawab : “Juga dua. ” (HR. Al-Bukhari No 1010)

Seseorang istri yang aqidahnya benar akan tercermin dalam kelakuannya umpamanya :

Dia hanya bersahabat dengan wanita yang baik.
Senantiasa bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah pada Rabbnya.
Mungkin saja contoh untuk wanita yang lain.

Akhlak Istri Dambaan.

 


Berupaya berdasar teguh pada akhlak-akhlak Islami yakni : Ceria, pemalu, sabar, lembut papar katanya dan senantiasa jujur.

Sedikit bicara, tidak suka mengakibatkan kerusakan wanita lain, tidak sukai ghibah (menggunjing) dan namimah (adu domba).

Tidak bercerita rahasia rumah tangga, satu diantaranya yakni jalinan suami istri ataupun pertikaian dalam rumah tangga. Seperti sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya di antara orang yang terburuk kedudukan-nya disisi Allah pada hari kiamat yakni lelaki yang mencumbui istrinya serta istri mencumbui suaminya lantas ia sebar luaskan rahasianya. ” (HR. Muslim 4/157)

Istri dambaan di rumah suaminya Menolong suaminya dalam kebaikan. Yaitu kebaikan untuk seseorang istri jika bisa mendorong suaminya untuk berbuat baik, umpamanya mendorong suaminya agar senantiasa ihsan serta berbakti pada kedua orang tuanya, seperti firman Allah Ta’ala, yang bermakna : “Kami perintahkan pada manusia supaya berbuat baik pada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dengan susah payah serta melahirkannya dengan susah payah. ” (Al Ahqaf 15)

Membantunya dalam menjalin jalinan baik dengan saudara-saudaranya.

Membantunya dalam ketaatan.

Berdedikasi (semangat hidup) yang tinggi.
Ekonomis serta pandai mengatur rumah tangga.
Bagus didalam mendidik anak.

Tampilan :

Di dalam rumah, seseorang istri yang shalehah mesti selalu memperhatikan penampilannya di rumah suaminya lebih-lebih apabila suaminya ada di sisinya jadi Islam demikian menyarankan untuk berhias dengan beberapa hal yang mubah sampai mengasyikkan hati suaminya.

Apabila keluar tempat tinggal, seorang istri yang sholehah mesti memperhati-kan beberapa hal itu : Mesti minta izin suami, Mesti tutup aurat serta tidak memerlihatkan perhiasannya, Tidak memakai minyak wangi, Sedikit keluar terkecuali untuk maksud syar’i atau kebutuhan yang demikian mendesak.

Nah sahabat medianda terkini itulah penjelasan mengenai akhlak istri dambaan. Semoga kita semua para muslimah bisa termasuk kedalam kategori istri dambaan. Aamiin



Sumber: www.kabarterkinionline.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : SUBHANALLAH!! ISTRI YANG MEMILIKI AKHLAK SEPERTI INI, LAYAK DIBERI GELAR SEBAGAI ISTRI IDAMAN...