Senin, 18 Mei 2020

4 Dosa Yang Sering Dilakukan Oleh Orang Yang Berpuasa

Medianda - Puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum tapi juga harus menahan dari maksiat, baik mata, telingan, tangan dan maksiat hati.


Sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Jabir bi Abdillah mengatakan:

إِذَا صُمْتَ فَلْيَصُمْ سَمْعُكَ وَبَصَرُكَ وَلِسَانُكَ عَنْ الْكَذِبِ وَالْمَأْثَمِ وَدَعْ أَذَى الْخَادِمِ وَلْيَكُنْ عَلَيْكَ وَقَارٌ وَسَكِيْنَةٌ يَوْمَ صَوْمِكَ وَلَا تَجْعَلْ يَوْمَ فِطْرِكَ وَيَوْمَ صَوْمِكَ سَوَاءً

Jika anda berpuasa hendaknya pendengaran, penglihatan dan lisanmu juga berpuasa dari dusta dan dosa. Jangan sakiti budak. Hendaknya saat berpuasa anda memiliki sikap tenang berwibawa. Jangan sikapi hari berpuasa dan hari tidak berpuasa dengan sikap yang sama.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf 2/422 nomor 8852)
Diantara bentuk memuliakan bulan Ramadhan dan kondisi berpuasa adalah dengan memberikan sikap yang berbeda antara saat puasa dan saat tidak berpuasa.

Dalam melaksanakan ibadah puasa hendaknya lebih hati-hati dengan dosa. sebab malakukan dosa itu terlarang baik di Ramadhan atau pun di luar Ramadhan.

Mengerjakan perbuatan dosa saat di bulan Ramadhan jauh lebih besar dosanya ketimbang mengerjkan dosa di luar bulan Ramadhan.

Dosa yang dikerjakan saat puasa dapat menghilangkan pahala puasa. sedingaa dalam puasanya tak dapat apa-apa hanya haus dan lapar.

Ada empat dosa yang sering dikerjakan orang saat puasa:

Pertama: Dosa Pendengaran.
Janganlah telinga dari hal-hal yang dihukumi dosa menurut islam. Indera pendengaran dicipta bukan untuk mendengarkn perkataan dosa melainkan untuk mendengar kata yang baik.

Kedua: Dosa Penglihatan.
Waspadai Terhadap tontonan di media sosial. Jangan sampai melihat perkara yang haram. Juga di alam nyata agar mata hindarkan dari memandang yang maksiat.

Ketiga: Lisan
Dosa lisan kerap kali terjadi seperti menggunjing teman, dusta atau berbohong, atau bahkan menghardik orang lain.

Keempat: Dzalim

Dzalim adalah meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya. Seperti menyakiti orang lain. Hasad pada perolehan nikmat orang lain sehingga kita ingin menghilangkannya.

Naudzubillah min dzalik, semoga kita bisa menghindari dosa-dosa tersebut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Dosa Yang Sering Dilakukan Oleh Orang Yang Berpuasa