Rabu, 31 Mei 2017

Ketahuilah, Ini Hukum Bagi Orang yang Suka Lewat Didepan Orang yang Sedang Sholat

MediandaTerkini – Bagaimana hukumnya mengenai jika seseorang melintas dihadapan orang yang sedang solat dan ketika itu tidak mengetahui ada seseorang yang sedang sholat kerana tidak ada pembatasnya ?



Jawaban:
Melintas dihadapan orang yang sedang sholat tidak dibolehkan, berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لو يعلم المار بين يدي المصلي ماذا عليه من الإثم لكان أن يقف أربعين خيرا له من أن يمور بين يدي المصلي

Jika sengaja orang yang melintas di hadapan seseorang yang sedang sholat, tahu apa yang akan dia dapatkan dari dosa, niscaya ia berdiri menunggu saja hingga orang tersebut selesai sholat lebih ia sukai daripada lewat di hadapannya ”

sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
لَا تُصَلِّ إِلَّا إِلَى سُتْرَةٍ، وَلَا تَدَعْ أَحَدًا يَمُرُّ بَيْنَ يَدَيْكَ، فَإِنْ أَبَى فَلْتُقَاتِلْهُ؛ فَإِنَّ مَعَهُ الْقَرِينَ
Janganlah shalat kecuali menghadap sutrah, dan jangan biarkan seseorang lewat di depanmu, jika ia enggan dilarang maka tolaklah ia dengan keras, karena sesungguhnya bersamanya ada qarin (setan)” (HR. Ibnu Khuzaimah 800, 820, 841. Al Albani dalam Sifatu Shalatin Nabi (115) mengatakan bahwa sanadnya jayyid, ashl hadist ini terdapat dalam Shahih Muslim).
Dengan demikian kita tidak boleh lewat diantara orang yang shalat dengan sutrahnya, hendaknya kita mencari jalan di luar sutrah, atau lewat belakang orang yang shalat tersebut, atau mencari celah antara orang yang shalat, atau cara lain yang tidak melanggar larangan ini.

Demikian juga terlarang lewat di depan orang yang sedang shalat walaupun ia tidak menghadap sutrah, orang yang melakukannya pun berdosa. Berdasarkan hadits dari Abu Juhaim Al Anshari, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيِ الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ مِنَ الإِْثْمِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ

Andaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewat” (HR. Al Bukhari 510, Muslim 507)

Apabila orang yang sedang sholat tersebut tidak memakai sutrah/pembatas, maka jarak yang boleh dilalui oleh seseorng dihadapan orang yang sedang sholat tersebut mengikut jarak kepalanya ketika ia sujud, atau sesuai batas garis sejadah yang ada di hadapannya sebagaimana yang difatwakan oleh Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dan lain-lain.

Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat


Wallahu a’lam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ketahuilah, Ini Hukum Bagi Orang yang Suka Lewat Didepan Orang yang Sedang Sholat