Kamis, 31 Agustus 2017

Kalau Idul Adha Jatuh pada Hari Jumat. Benarkah Laki-laki Tak Perlu Shalat Jumat?

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini idul adha tahun ini memang jatuh tepat pada hari jumat. Namun dengn datangnya hari raya idul adha pada hari jumat mendatangkan sebuah pertanyaan dari salah satu jamaah.



Assalamu’alaykum Wr.Wb. Ustadz Aam, Idul Adha tahun ini jatuh pada hari jumat, bolehkah bapak-bapak tidak melaksanakan shalat jumat? Mohon penjelasannya.

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Saudara yang dimuliakan Allah. Diceritakan dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan pernah bertanya kepada Zaid bin Arqom “Apakah anda tahu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengalami shalat ied di hari Jumat?”

Zaid menjawab “tentu saja!” Mu’awiyah bertanya lagi. “ Apa yang dilakukan oleh Rasulullah?” Zaid menjawab lagi “ Beliau melaksanakan shalat Ied, lalu Rasulullah memberikan keringanan untuk meninggalkan shalat jumat”.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mau shalat Jum’at, maka silakan.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan  An-Nasai)

Ini isyarat kalau shalat Ied terjadi pada hari jumat, nanti akan ada dua pilihan. Boleh melaksanakan shalat Jumat atau kita melaksanakan shalat dhuhur. Ini keringanan bagi bapak-bapak sekalian. Oleh sebab itu, kita bisa memilih mana yang paling nyaman untuk kita. Wallahua’alam.

Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kalau Idul Adha Jatuh pada Hari Jumat. Benarkah Laki-laki Tak Perlu Shalat Jumat?