Jumat, 11 Agustus 2017

Keren !!! Sajadah Canggih Ini Akan Menyala Setiap Diarahkan ke Kiblat

MediandaTerkini – Perancang asal Inggris ini bernama Soner Ozenc Product Design Studio (SOPDS) memiliki ide tak biasa, yakni membuat sajadah yang menyala dalam gelap.



Dinamakan EL Sajjadah, konsep sajadah yang mereka ciptakan sebetulnya sederhana. Sajadah berukuran standar tersebut dibikin sebagai platform bersih dan ‘sunyi’ untuk melakukan aktivitas shalat bagi kaum Muslim.

Keistimewaan EL Sajjadah adalah mempunyai kemampuan menyala saat ia diarahkan ke arah kiblat yang mengacu pada kota Mekah di Arab Saudi.

Melalui akun Facebook SOPDS, El Sajjadah akan mengeluarkan 100 persen cahaya apabila diarahkan sesuai kiblat Mekah.

Kemudian jika condong ke arah kanan dari kiblat, tingkat cahaya yang diberikan sekitar 75 presen. Lalu, sajadah pintar itu tak akan menyala sama sekali apabila diletakan berlawanan dari arah kiblat.

Sumber cahaya dari El Sajjadah ini adalah berasal dari modul kompas yang disematkan di dalamnya. Mereka mengklaim, semakin dekat ke arah kiblat Mekah, maka cahaya yang muncul akan semakin terang.

Sementara itu melalui situs resmi SOPDS, EL Sajjadah yang mereka anggap sebuah karya seni itu juga bisa dijadikan sebagai pajangan dinding.

Sayangnya, sejak ide inovasi ini terbentuk sekitar lima tahun lalu, EL Sajjadah gagal mendapatkan dana dari kampanye Kickstarter. Proyek EL Sajjadah pun terpaksa dihentikan pada 14 Agustus 2012 lalu.

Sumber: cnnindonesia.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keren !!! Sajadah Canggih Ini Akan Menyala Setiap Diarahkan ke Kiblat