Jumat, 22 September 2017

Inilah 10 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Dalam Porsi Berlebihan !!

MediandaTerkini - Mi instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu - bumbu yang sudah ada dalam paketnya. Mie instan juga merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian orang di dunia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.



Biasanya mie instan di konsumsi karena harganya yang murah dan cara pemrosesannya yang cepat dan simpel.

Namun dibalik rasanya yang enak dan lezat, apakah kamu tahu bahaya mie instan jika terlalu sering mengonsumsinya setiap hari? Berikut ini bahaya mengkonsumsi mie instan dalam porsi yang berlebihan

1. Terganggunya Penyerapan Nutrisi

Mie Instan akan dapat menghambat kemampuan anak di bawah 5 tahun untuh menyerap nutrisi. setelah sering mengonsumsi mie instan, banyak anak-anak balita mengalami kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang tepat.

2. Kanker

Selain dengan bungkus plastik, ada juga mie instan yang dikemas dengan bungkus yang mengandung styrofoam dan hal ini bisa langsung di seduh. padahal styrofoam dikenal sebagai agen penyebab kanker.

3. Keguguran

Sejumlah wanita hamil yang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan selama masa kehamilan mengalami keguguran. Hal ini dikarenakan kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

4. Gangguan Metabolisme

Konsumsi mie instan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditife dalam mie.

5. Kerusakan Organ

Mie instan mengandung propylene glycol, bahan anti beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Jadi tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Gangguan Pencernaan

Mie instan dapat mengganggu sistem pencernaan. Konsumsi lanjutan dari mie instan mengakibatkan perut menjadi kembung, sembelit atau tidak teratur pada gerakan usus.

7. Obesitas

Mie Instan adalah salah satu penyebab utama terjadinya obesitas. Hindari mie instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. MSG

Monosodium Glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mie, Sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan terjadinya rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

9. Tinggi Natrium

Mie Instan juga mengandung jumlah natrium yang tinggi, Tentu jika kelebihan mengonsumsi natrium bisa-bisa menyebabkaan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. jadi, hindarilah mengonsumsi secara berlebihan.

10. Junk Food

Mie Instan hanya dapat dianggap sebagai junk food dan tidak pernah menggantikan makanan yang bernutrisa, Hal ini di karenakan terlalu banyak mengandung karbohidrat tetapi tidak mengandung vitamin, mineral atau serat. Mie instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. tentu saja hal ini dapat memberikan efek negatif pada kesehatan.

Semoga bermanfaat


Sumber : vebma.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 10 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Dalam Porsi Berlebihan !!