Selasa, 26 Desember 2017

Ingat Yaa..Jangan Cuek Ketika Ada Kemungkaran Sebab Musibah Datang Karena Banyak Maksiat Dan Dosa

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini akhir-akhir sangat ramai diperbincangkan mengenai masalah Elgebete. Yang tidak kalah ramainya yakni mengenai pendapat mantan pembaca berita Jer3my tet1.



Perlu diingat sahabat medianda terkini dosa mereka yang nanggung, tapi murka Allah itu azabnya ke lingkungan dan semua masyarakat... Apalagi kalau ada muslim membiarkan saja saat tahu ada kem4ksiat4n, dosa besar baginya....

Bukankah sudah cukup kaum s0d0m umat nabi luth yang gemar kem4ksiat4n dan mengumbar sy4hwat lalu di binasakan allah dengan datangnya gempa dan tsunami yang maha dahsyat?

Penyimpangan dan m4ksi4t, pada prinsipnya akan merugikan dan membahayakan pelakunya semata. Namun, ia dapat menyeret orang baik-baik karena suka bergaul dengannya dan menjadi teman dekatnya. Fakta pun telah membuktikan, ada orang yang ikut diciduk pihak berwenang dan namanya tercoreng gara-gara kedapatan bersama orang-orang yang sedang asyik m4ksi4t.

Jadi sahabat medianda terkini, tetap semangat mengajak teman-teman berbuat baik, dan menghindari keburukan dan m4ksi4t, dan juga mencegah pelaku m4ksi4t dari perbuatannya. Dan itu sudah bisa terwujud dengan komunikasi empat mata dengan temen, tidak mesti dengan ceramah di masjid atau mushalla.

Dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu ia berkata

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّكُمْ لَتَقْرَؤُوْنَ هَذِهِ الآيَةَ :ياأيها الذين آمَنُوْا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لاَ يَضُرُكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ  وَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: “إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوْا الظَّالِمَ فَلَمْ يَأْخُذُوْا عَلَى يَدَيْهِ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللهُ بِعِقَابٍ مِنْهُ (رَوَاهُ أبو داود والترمذي وَغَيْرُهُمَا)

Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian benar-benar membaca ayat ini ‘Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk’ (Al-Maidah:105), karena sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sungguh manusia bila mereka menyaksikan orang zhalim namun tidak menghentikannya, dikhawatirkan Allah akan menjatuhkan hukumanNya pada mereka semua’ “ (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi dan lainnya)

Takhrij Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dalam Sunan-nya no.4338, Imam At-Tirmidzi dalam Jami’-nya no.2169, Imam An-Nasai dalam Sunanul Kubra no.11157 , Imam Ibnu Majah dalam Sunan-nya no.4005 dengan sanad shahih.

Pelajaran dari hadits

1.       Kewajiban menghayati Al-Qur`an dan memahaminya.
2.      Larangan berbicara mengenai Al-Qur`an dengan dasar nalar belaka.
3.      Kesalahan memahami Al-Qur`an menyebabkan kesesatan dan penyimpangan
4.      Bahaya kemunkaran bila dibiarkan.
5.      Kewajiban umat Islam untuk saling menjaga keutuhan bersama.
6.      Kewajiban umat Islam untuk menggerakkan semangat amar ma’ruf nahi munkar di tengah mereka.
7.      Hukuman Allah menimpa orang zhalim karena kezhalimannya dan menimpa masyarakat karena mendiamkan dan membiarkannya.
8.     Pentingnya memahami Islam dengan berkaca pada pemahaman generasi Sahabat .
Wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.


Wajibbaca.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ingat Yaa..Jangan Cuek Ketika Ada Kemungkaran Sebab Musibah Datang Karena Banyak Maksiat Dan Dosa